Hangout With Media, BPJS Kesehatan Cabang Tondano Harapkan Program JKN Tersosialisasikan Optimal

(Imanuel Kaloh/SATUUNTUKSEMUA.ID)

Minahasa, Guna meningkatkan mutu pelayanan bagi masyarakat, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tondano terus berkomitmen untuk mewujudkan penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Dalam pertemuan BPJS Kesehatan Hangout With Media Massa, BPJS Kesehatan Cabang Tondano menggandeng Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Minahasa, menyosialisasikan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada puluhan Wartawan pos liputan Minahasa.

Dalam pemaparan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tondano, Raymond Jerry Liuw, melalui Bagian SDM, Umum dan Komunikasi, BPJS Kesehatan Cabang Tondano Ferry Frits Toar mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan harapan dapat mendukung dan membantu suksesnya program jaminan kesehatan nasional yang diselenggarakan BPJS Kesehatan.

“Melalui sosialisasi dari para jurnalis tentunya sangat mempunyai peran untuk berbagai informasi terkait pelayanan BPJS dapat diketahui oleh masyarakat,” kata Toar di Tondano, Senin (19/06/23).

Seringnya kesalahpahaman informasi di tengah masyarakat terkait program JKN ini. Hal itulah yang menyebabkan munculnya berbagai keluhan dari masyarakat.

“Untuk itulah kami terus menjalin sinergitas dan membangun komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Kominfo, begitu juga rekan-rekan wartawan. Kami harapkan bisa menjadi corong dalam menyampaikan program-program JKN sehingga akan meminimalisir kesalahpahaman informasi di tengah masyarakat,” tutur Ferry.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Minahasa, Maya Kainde, SH.MAP, tampil sebagai narasumber dan menyampaikan materi terkait peran jurnalis dalam pemberitaan, termasuk dalam bagaimana mendukung BPJS Kesehatan melalui program JKN.

“Tentunya sosialisasi yang baik akan menghasilkan manfaat yang baik pula, karena itu rekan-rekan jurnalis tolong sampaikanlah informasi-informasi penting yang mengedukasi serta bermanfaat bagi masyarakat, dalam hal ini tentunya mengenai program JKN. Supaya kedepan program JKN akan berjalan dengan baik dan dapat mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat,” ungkap Kainde yang hadir didampingi para pejabat struktural di jajaran Dinas Kominfo Minahasa.

Sementara itu, Ajat Jakaria selaku Kepala Bagian Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Tondano memaparkan sejumlah hal terkait program JKN. Ia pun menyentil berbagai inovasi yang telah dilakukan BPJS Kesehatan dalam mengoptimalkan program JKN ini, termasuk dalam kemudahan layanan pendaftaran.

“Tidak perlu repot ke kantor BPJS, kami memberikan berbagai kemudahan dan akses layanan berbasis digital untuk pendaftaran antara lain Aplikasi Mobile JKN, PANDAWA, BPJS Kesehatan Care Center dan CHIKA (Chat Assistant JKN). Sekarang peserta JKN yang berobat juga dimudahkan dengan hanya menunjukkan nomor KTP (NIK) atau Kartu JKN,” katanya.

Transformasi peningkatan mutu layanan ini dilakukan supaya peserta JKN mendapatkan pelayanan mudah, cepat dan setara.

“Jadi kami memberikan pelayanan tanpa biaya tambahan diluar ketentuan. Begitu juga dalam pelayanan obat yang dibutuhkan dan tidak membebankan peserta untuk mencari obat jika terdapat kekosongan obat. Intinya kami melayani peserta dengan ramah tanpa diskriminasi,” ujar Ajat.

Di akhir kesempatan, ia pun menekankan tentang integritas setiap pegawai BPJS yang dengan tegas menolak gratifikasi.

“Ini adalah komitmen kami untuk menolak gratifikasi karena itu merupakan akar dari korupsi. Selain melanggar hukum, gratifikasi juga bisa merugikan perekonomian juga keuangan negara,” pungkasnya. *

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *