Pastikan Mutu Pelayanan JKN, BPJS Kesehatan dan YLKI Tinjau Pelayanan RS GMIM Siloam Sonder

(Imanuel Kaloh/SATUUNTUKSEMUA.ID)

Tondano– Tim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Tondano, dan tim bersama Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Agus Sujatno dan tim meninjau langsung pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Rumah Sakit GMIM Siloam Sonder, Minahasa, Selasa (15/08).

“Peninjauan tersebut dilakukan guna memastikan mutu layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional berjalan dengan optimal,” kata Asisten Deputi Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengaduan BPJS Kesehatan Debbie Nianta.

Dikatakannya, kunjungannya Tim BPJS Kesehatan bersama YLKI juga turut memastikan kemudahan layanan JKN berbasis digitalisasi seperti anjungan antrean, ketersediaan monitor antrean pendaftaran, dan monitor ketersediaan tempat tidur secara online sudah diterapkan oleh Rumah Sakit GMIM Siloam Sonder.

“Kunjungan YLKI bersama tim BPJS Kesehatan ke Rumah Sakit GMIM Siloam Sonder sifatnya bukan untuk penilaian tetapi kami sebagai perwakilan konsumen ingin memastikan mutu layanan yang diberikan khususnya kepada peserta JKN sudah berjalan optimal” jelas Agus.

Agus mengapresiasi Rumah Sakit GMIM Siloam Sonder yang telah maksimal dalam memastikan pasien terlayani dengan baik, dari beberapa pasien yang ditemui langsung mengaku jika pelayanan yang
diberikan Rumah Sakit GMIM Siloam Sonder sudah sangat baik.

“Tim YLKI telah mewawancarai langsung beberapa pasien dan juga keluarga pasien, mereka mengaku pelayanan kesehatan yang mudah, tidak ada kendala dan sudah menggunakan antrean online sehingga
akses pelayanan lebih cepat.” ungkap Agus.

“Disamping itu, kita tadi sudah melihat beberapa aspek penunjang layanan di Rumah Sakit GMIM Siloam Sonder, dari segi infrastruktur, manajemen sumber daya manusia yang dimiliki Rumah Sakit juga sudah sangat menunjang pelayanan yang diberikan kepada masyarakat,” terang Agus.

Melalui sistem BPJS Kesehatan yang sudah berbasis digital seperti antrean online tentu akan lebih meningkatkan kepuasan peserta yang sedang berobat. Peserta JKN cukup mengambil nomor antrean dari rumah sehingga dapat mengetahui waktu pelayanan dan bisa memperkirakan waktu kedatangan ke rumah sakit.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Cabang Tondano BPJS Kesehatan, Raymond Jerry Liuw melihat mutu layanan kepada peserta yang diberikan oleh Rumah Sakit GMIM Siloam Sonder ini dari waktu ke waktu mengalami peningkatan yang sangat bagus, pelayanan pun sangat memuaskan, terbukti setiaptahunnya rasio kunjungan pasien semakin naik.

“Sepertinya saat ini masyarakat sudah dapat menilai dan merasakan sendiri adanya peningkatan kualitas layanan yang diberikan oleh Rumah Sakit GMIM Siloam Sonder dan hal ini pastinya memberikan kepercayaan masyarakat” ungkap Raymond.

Rumah Sakit GMIM Siloam Sonder telah bersinergi dengan BPJS Kesehatan untuk menjalankan transformasi mutu layanan yang mudah, cepat dan setara kepada peserta.

“Kami sangat mengapresiasi rumah sakit ini sudah berupaya memberikan pelayanan yang mudah dan tidak adanya diskriminasi antara kelas 3, 2 dan 1 bahkan dengan pasien umum pun tidak ada perbedaan semua peserta mendapatkan pelayanan yang sama mulai dari pelayanan tenaga medis, obat bahkan
makanan,” jelas Raymond.

Pada kesempatan yang sama Direktur Rumah Sakit GMIM Siloam Sonder dr. Daud Alexander Kiroyan menyampaikan apresiasi atas kunjungan tim BPJS Kesehatan bersama Yayasan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

“Kesempatan yang sangat baik bagi kami bisa dikunjungi oleh tim BPJS Kesehatan Kantor Pusat dan tim YLKI untuk meninjau secara langsung jalannya pelayanan kesehatan di Rumah Sakit ini dan besar harapan kami adanya masukan dari Bapak/Ibu untuk bersama-sama membangun mutu layanan yang semakin baik kedepannya,” ungkap Daud.

Diakhir pertemuan, Daud mengatakan pihaknya akan terus berkomitmen dalam mendukung proses transformasi mutu layanan JKN dengan mengedepankan integritas dari tenaga medis serta aspek pendukung layanan kesehatan lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *